photo lineviral_1.png

Perencanaan Pemasaran Perjuangan Masakan Khas Daerah

Apa perencanaan perjuangan (business plan) itu?  Dalam pengertian ekonomi, perjuangan atau bisnis yaitu tiruana kegiatan yang dilakukan oleh individu maupun kelompok individu yang
dilaksanakan secara legal dengan memakai dan mengkombinasikan sumberdaya atau faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan/atau jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh manfaat finansial, yaitu keuntungan bisnis atau keuntungan perjuangan (business profit). Baca juga: Pengertian masakan khas kawasan dan karakteristiknya

Dari batasan di atas sanggup kita catat bahwa, suatu perjuangan atau bisnis akan selalu berafiliasi dengan pengberharap (expectation), yaitu berharap untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Kita tahu betul, kepastian dari masa yang akan tiba yaitu ketidakpastian.

Dengan demikian, berharap untuk memperoleh keuntungan sifatnya adalah penuh ketidak pastian. Artinya, bisa menguntungkan dan bisa merugikan. Makara suatu perjuangan selalu mengandung risiko. Karena itu supaya perjuangan yang akan dijalankan berhasil, perlu dibentuk perencanaannya dulu. 

Perencanaan yaitu fungsi administrasi yang berhubungan dengan pemilihan visi, misi dan tujuan, strategi, kudang kecepejakan, prosedur, aturan, aktivitas dan anggaran. 

Dari kedua pengertian di atas sekarang dapat didefinisikan arti perencanaan perjuangan yaitu sebagai proses penentuan visi, misi dan tujuan, strategi, kudang kecepejakan, prosedur, aturan, program dan anggaran yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu. 

Dalam menjalankan perjuangan masakan khas daerah, bukan cuma modal dan produk bermutu dan berkharisma saja yang dibutuhkan, tetapi aspek pemasaran juga sangat dibutuhkan semoga bisnis yang dijalankan sanggup menghasilkan omset sesuai sebuah incaran yang telah ditetapkan. Usaha masakan khas kawasan merupakan salah satu perjuangan yang mempunyai potensi cukup besar.   Baca juga: Teknik pengemasan masakan khas daerah

Sudah banyak pelaku perjuangan yang berhasil menggeluti perjuangan ini. Namun tidak sedikit pula pelaku perjuangan masakan yang gagal sebab seni administrasi pemasaran yang dipakai kurang tepat. Oleh sebab itu untuk menghindari risiko gulung tikar harus direncanakan seni administrasi pemasaran perjuangan masakan yang tepat. Beberapa seni administrasi yang sanggup dilakukan yaitu :

 perjuangan atau bisnis yaitu tiruana kegiatan Perencanaan Pemasaran Usaha Makanan Khas Daerah


1. Buatlah nama untuk bisnis masakan semenarik mungkin

Nama perjuangan akan menjadi image yang akan tertanam pada konsumen, sehingga mereka memperringan dan sepele untuk mengingat perjuangan masakan yang dibuat. Oleh sebab itu sebelum membuka perjuangan makanan, siapkanlah nama perjuangan masakan yang menarik, unik, dan memperringan dan sepele diingat oleh para konsumen.  Disamping itu sesuaikan nama dengan perjuangan yang dijalankan dengan kawasan asal makanan. Nama perjuangan sanggup ditempatkan di depan lokasi perjuangan dengan memakai neon box ataupun x – baner dengan ukuran yang besar dan memperringan dan sepele terlihat semoga konsumen yang kebetulan lewat, tertarik untuk mampir membeli produk masakan yang ditawarkan.

2. Perkenalkan perjuangan olahan masakan kepada masyarakat

Mulailah pemasaran dengan mengenalkan masakan khas kawasan yang dibentuk kepada masyarakat sekitar. Hal ini sanggup dilakukan dengan menciptakan aktivitas dan mengundang masyarakat luas untuk berkunjung ke lokasi usaha. Selain itu pemasaran juga bisa dilakukan dengan mengambil karyawan yang bertempat tinggal di sekitar lokasi. Secara tidak eksklusif karyawan tersebut akan mempromosikan tempat kerja mereka kepada kerabat serta rekan mereka. Pada kesempatan tersebut sanggup juga dilakukan survey untuk mengetahui kelamahan dan keludang kecepehan produk dari pendapat konsumen secara eksklusif melalui angket. Dengan demikian kita sanggup selalu mengadakan perbaikan produk sesuai dengan harapan konsumen.

3. Berikan kepingan harga untuk aktivitas tertentu 

ulang tahun perjuangan tersebut dan lain-lain. Selain itu sanggup juga memmemberikankan paket harga khusus pada ketika hari – hari tertentu, contohnya memmemberikankan harga paket keluarga di hari raya menyerupai lebaran atau tahun baru. Potonganharga atau harga paket khusus akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen untuk berkunjung ke tempat usaha. Gunakanlah brosur, pamflet, atau pun spanduk untuk mempromosikan hal tersebut.

4. Membangun jaringan dengan perjuangan lain yang sanggup mendukung 

Jaringan merupakan pemasaran yang sangat dampak dan imbastif. Mulailah denganmembuat jaringan perjuangan dengan rekan maupun kerabat bersahabat yang memang bisa membantu untuk menyebarkan bisnis. Cara membangun jaringan bisa dilakukan dengan memmemberikankan tesproduk pada rekan atau kerabat, contohnya dengan mengajak rekan dan kerabat untuk berkunjung merasakan masakan yang dibuat. 

Jika rekan dan kerabat tertarik dengan produk tersebut, mereka akan bahagia kalau diajak untuk bekerja sama dengan perjuangan yang sudah dibuat. Begitu banyak peluang yang akan muncul, bila mempunyai jaringan perjuangan yang cukup luas.

5. Menciptakan penemuan pada sajian – sajian yang ditawarkan

Untuk menghindari kejenuhan konsumen, ciptakan penemuan pada menu–menu yang ditawarkan minimal 6 bulan sekali. Banyaknya variasi sajian yang ditawarkan, akan menjadi daya tarik tersendiri. Misalnya perjuangan bakso, malang bisa dimemberikankan penemuan dengan menambah sajian bakso isi keju, bakso isi telur, bakso isi buah, hingga bakso ikan dan bakso udang. Menu yang bervariasi akan menarik minat masyarakat untuk mengunjungi warung perjuangan bakso yang sudah dirintis.

6. Meningkatkan kualitas pelayanan

Dalam memmemberikankan pelayanan bagi para konsumen, perhatikan waktu penyajian makanan, kualitas cita rasa masakan serta kekebersihanan dan keamanan tempat usaha. Konsumen akan merasa tidak nyaman kalau menunggu penyajian masakan yang terlalu lama, untuk itu usahakan untuk sempurna waktu dalam memmemberikankan pelayanan. 

Selain itu jaga kualitas cita rasa masakan yang diproduksi, sehingga konsumen tidak kecewa kalau masakan yang mereka pesan ternyata tidak enak. Jagalah kekebersihanan serta keamanan lokasi perjuangan masakan khas kawasan yang dibuka, sehingga konsumen yang makan merasa nyaman dan bahagia untuk berkunjung kembali ke lokasi usaha. 

Pada dasarnya, pemasaran perjuangan sangatlah penting, untuk itu lakukan promosi perjuangan secara total baik dari mulai dibuka hingga perjuangan masakan khas kawasan sudah sanggup berjalan, lakukan terus promosi dan pemasaran secara terus menerus. Jika perlu sisihkan 5 – 10 % omset untuk biaya promosi dan pemasaran usaha.

Demikian artikel Perencanaan Pemasaran Usaha Makanan Khas Daerah semoga bisa memberi manfaat.

Referensi: Buku pdk kelas 11 kurikulum 2013
close